Mengintip Proses Syuting dari Film Hijab

 

  Nama Hanung Bramantyo tak dipungkiri sudah tidak asing di industri perfilman Tanah Air. Berbagai film yang ia sutradarai hampir selalu meledak dan disaksikan oleh jutaan orang. Sejumlah rumah produksi ternama juga tak ragu untuk menawarkan berbagai macam bentuk kerjasama film ...

Posted By: Evelyn Afnilia, 13 November 2014
Hijab 1
 
Nama Hanung Bramantyo tak dipungkiri sudah tidak asing di industri perfilman Tanah Air. Berbagai film yang ia sutradarai hampir selalu meledak dan disaksikan oleh jutaan orang. Sejumlah rumah produksi ternama juga tak ragu untuk menawarkan berbagai macam bentuk kerjasama film dengan dirinya.
 
Saat mengetahui Hanung Bramantyo akhirnya mendirikan sebuah rumah produksi sendiri bernama Dapur Film, tim 21cineplex.com pun tergugah untuk mengulasnya lebih dalam. Dengan adanya Dapur Film dengan Hanung sebagai produser juga, debut film pun akan diluncurkan.
 
Hijab, sebuah film drama komedi dipilih Hanung untuk mengawali kreatifitasnya di Dapur Film, baik sebagai sutradara, ataupun produser, untuk pertama kalinya. Tim 21cineplex.com pun mencoba menengok beberapa proses syuting film Hijab yang berlangsung di bilangan Jakarta.
 
Dapat dilihat pada foto pertama, Hanung sedang mengarahkan pocong. Ya, Nino Fernandez, salah satu aktor yang terlibat dalam Hijab dibalut dengan busana pocong, dan tengah berdiri tegak mendengarkan arahan dari sang sutradara. Di belakang mereka nampak Zaskia Mecca dan Natasha Rizki yang sedang menunggu giliran untuk syuting.
 
Hijab 2
 
Hanung memang bukan sutradara biasa. Sudah 27 film ia sutradarai, diantaranya ada Brownies (2004), Ayat-Ayat Cinta (2008), dan Soekarno (2013). Ia dikenal dengan caranya mengarahkan yang lembut dan mudah dipahami oleh para pemainnya. Sebagaimana gambar dari foto kedua ini.
 
Berlatar sebuah gedung dengan lift dan tangga di belakangnya, suami dari Zaskia Mecca tersebut sedang mengarahkan para pemainnya. Sophia Mueller, Natasha Rizki, dan Carissa Putri ada di sana. Adegan ini akan menjadi adegan singkat, namun juga akan mengungkapkan sesuatu hal dalam film Hijab nanti.
 
Bagi Hanung sendiri, mengarahkan pemain bukanlah kendala yang sulit, karena para pemain yang terlibat dalam Hijab adalah para pemain profesional. "Untuk mengarahkan mereka tidak sulit. Bukan karena saya yang jago, tetapi karena mereka semua profesional. Kami sudah ada acuan yaitu naskah, dan saya tinggal mengarahkan. Syukurnya mereka cepat tanggap dan mau dengar," tuturnya.
 
Hijab tak hanya menjadi debut Hanung sebagai produser, tetapi juga Zaskia Mecca. Pada film ini, Zaskia akan menyabet tiga kursi jabatan sekaligus. Sebagai aktris, sebagai produser, dan penanggung jawab kostum. Ada pula Haykal Kamil yang akan bekerja sebagai produser pemasaran.
 
Hijab 3
 
Dan perlu ditegaskan, meskipun judulnya cenderung segmented, tetapi film Hijab adalah film drama komedi yang lebih memfokuskan kepada kehidupan keseharian masa kini dimana hijab menjadi salah satu fashion dan gaya hidup para wanita. Ini tentu adalah hal yang baik, karena kehadiran hijab rupanya mampu menggantikan atau melengkapi simbol-simbol budaya lainnya seperti kebaya, dan sanggul.
 
Berlanjut ke foto selanjutnya, tergambar sinergi daripada hijab adalah fashion dan gaya hidup. Dengan nuansa agak gelap, Tika Bravani, Ananda Omesh, Carissa Putri, dan Nino Fernandez terlihat di sana. Keempatnya baru saja turun dari mobil mewah. Dan dengan dukungan pencahayaan yang menyorot, dapat diketahui kalau keempat orang ini sedang menghadiri sebuah acara.
 
Bagi yang belum tahu, Hijab juga akan dimeriahkan oleh aktor dan aktris papan atas seperti, Zaskia Mecca, Carissa Putri, Natasha Rizki, Tika Bravani, Nino Fernandez, Mike Lucock, Ananda Omesh, Dion Wiyoko, dan Sophia Mueller.
 
Hijab akan mengisahkan kehidupan keempat wanita di atas dengan pasangannya masing-masing. Keempat wanita yang bersahabat ini bersama-sama membangun usaha, dan berhasil membuktikan kalau wanita mampu berada di atas pria untuk beberapa hal. Ini juga menjadi konflik yang banyak dijumpai orang-orang pada umumnya. Tentunya, hijab, fashion, dan gaya hidup mereka akan menjadi benang merah dari keseluruhan kisahnya.
 
Hijab 4
  
Dan pada foto terakhir, terangkum latar yang sudah tak asing lagi. Yakni di Museum Fatahillah. Hanung ada di sana sedang melihat ke kameranya bersama para kru. Ia seolah sedang menelaah lagi gambar yang tampil di layar kecil kamera tersebut. Di belakangnya, ada sebuah garis pembatas, dan terlihat beberapa masyarakat yang sedang melihat proses syuting Hijab berlangsung.
 
Dengan adanya Hijab ini, Hanung berharap, genre perfilman Indonesia bisa menjadi lebih luas lagi. Mengupas peristiwa-peristiwa kecil menjadi sebuah sajian yang indah. "Hijab ini kan fokusnya lebih kepada fashion dan gaya hidup. Jadi walaupun fenomena hijab sudah sangat tersebar dimana-mana, kami mencoba mengupas dari sisi lainnya ditambah dengan humor-humor sebagai hiburan," kata Hanung
 
Sekarang ini, film Hijab sudah memasuki tahap pasca produksi dan akan segera memasuki tahap promosi. Direncanakan film ini akan menghiasi layar Cinema XXI pada awal tahun 2015, tepatnya pada 15 Januari 2015.
COMPLETE ARCHIVE
 
Pantau segala informasi film dengan http://m.21cineplex.com dari browser ponsel Anda!
Z
 
 

COMING SOON