Melihat Lebih Dekat Proses Syuting Filosofi Kopi - The Movie

 

  Sejak dinobatkannya film Cahaya dari Timur: Beta Maluku (2014) menjadi Film Terbaik ajang Festival Film Indonesia 2014, nama sutradaranya, Angga Dwimas Sasongko praktis ikut melambung. Ditambah lagi aktor utamanya, Chicco Jerikho, juga langsung menyabet kategori Aktor Utama Pria Terbaik Festival ...

Posted By: Evelyn Afnilia, 30 Januari 2015
Filosofi Kopi
 
Sejak dinobatkannya film Cahaya dari Timur: Beta Maluku (2014) menjadi Film Terbaik ajang Festival Film Indonesia 2014, nama sutradaranya, Angga Dwimas Sasongko praktis ikut melambung. Ditambah lagi aktor utamanya, Chicco Jerikho, juga langsung menyabet kategori Aktor Utama Pria Terbaik Festival Film Indonesia 2014 di film perdananya itu.
 
Cahaya dari Timur: Beta Maluku berada dibawah naungan Visinema Pictures yang saat ini sedang mengerjakan proyek film kedua mereka berjudul Filosofi Kopi - The Movie. Hal tersebut mengundang rasa penasaran tim 21cineplex.com untuk meliput proses syutingnya.
 
Berlangsung selama bulan Januari, tim 21cineplex.com berkesempatan meliput saat Filosofi Kopi - The Movie melangsungkan syuting di Kedai Filosofi Kopi di Kawasan Blok M Square, Melawai, Jakarta selatan. Suasanya ramai, namun para pemain dan sutradara berada di tempat yang terpisah. Angga tampak beberapa meter dari tempat para pemain melakukan pengambilan gambar.
 
Filosofi Kopi
 
"Tim artistik Filosofi Kopi - The Movie merancang sebuah kedai kopi sama seperti yang ada di cerita pendeknya Dewi Lestari. Detail seperti desain, logo, apron, kostum, kendaraan pribadi karakternya kami buat berdasarkan input dara para produser digital," ucap Angga disela-sela membenahi set.
 
Nuansa kedai Filosofi Kopi terbilang cozy dan punya identitas tersendiri. Dari foto kedua memang kurang tampak bagaimana suasana di dalam set lantaran terhalang oleh kru dan salah satunya ada Chicco Jerikho di sana. Membawakan peran sebagai seorang barista bernama Ben, Chicco tampak sedang kelelahan sambil menenggak sebotol air minuman. Tubuhnya berkeringat terlihat dari kaos lengan buntung yang basah yang ia kenakan.
 
Filosofi Kopi - The Movie memang diadaptasi dari novel karya penulis kenamaan, Dewi Lestari. Cerita ini sebelumnya juga pernah digarap Dewi sebagai sebuah film pendek. Kombinasi yang menarik bukan? Para jawara Festival Film Indonesia 2014 dengan penulis novel terkenal.
 
Filosofi Kopi
 
Suasana set selanjutnya lebih nyata lagi terlihat. Dengan lighting-lighting menjulang tinggi. Chicco sudah berganti kaos, terlihat dari warnanya yang berbeda. Bersamanya ada juga Rio Dewanto mengenakan polo shirt bergaris merah hitam dengan topi dan kacamata. Sayang, sang sutradara sedang membelakangi kamera. Suasana ini diambil ketika mereka sedang break syuting.
 
Filosofi Kopi - The Movie bercerita tentang pencarian jiwa dan perjalanan berdamai dengan masa lalu melalui kopi. Ben (Chicco) dan Jody (Rio Dewanto) adalah sahabat yang membangun kedai Filosofi Kopi, sebuah kedai kopi terkemuka di Jakarta yang hanya menyajikan kopi-kopi terbaik di Indonesia.
 
Sebuah tantangan untuk membuat kopi yang sempurna dari seorang pengusaha membawa Ben dan Jody pada petualangan menyusun serpihan masa lalu mereka yang penuh getir dengan orang tua mereka masing-masing. Sebuah film yang tidak hanya bercerita, namun juga membuka wawasan baru untuk melihat kopi-kopi Tanah Air dalam bingkai penuh gairah dan cinta.
 
Filosofi Kopi
 
Di foto terakhir, Jody (Rio Dewanto) menjadi pusat utamanya. Sebagai salah satu pemilik kedai, Jody sepertinya sedang mempersiapkan kedainya untuk buka. Ia tengah membungkukkan badannya memandang sebuah papan kayu di depan kedai Filosofi Kopi. Papan tersebut bertulisan Ben's Perfecto, sekaligus waktu operasi dibukanya kedai tersebut.
 
Tetapi ada yang kurang sorotan di frame-frame foto di atas. Yakni sosok El yang diperankan oleh Julie Estelle. Karakter ketiga ini akan menjadi benang merah antara Ben dan Jody dan juga sebagai pemegang rahasia kopi paling sempurna yang dimiliki Indonesia.
 
"Julie memerankan El dengan baik. Padahal dia hanya ada di skenario film, bukan di cerita aslinya. Karakter El juga menjadi tonggak penting dari suksesnya jalan cerita Filosofi Kopi - The Movie," tutur Angga.
 
Demikianlah sedikitnya bocoran tentang film terbaru Visinema Pictures yang dibintangi Chicco Jerikho, Rio Dewanto, dan Julie Estelle. Filosofi Kopi - The Movie dijadwalkan rilis serentak di jaringan bioskop Cinema XXI mulai 9 April 2015.
COMPLETE ARCHIVE
 
Pantau segala informasi film dengan http://m.21cineplex.com dari browser ponsel Anda!
 
 

COMING SOON