Faza Meonk Ingin Si Juki The Movie Lebih Megah dari Komiknya

 

  Berawal dari kegelisahannya terhadap perkembangan karakter lokal yang dianggap kurang populer di masyarakat, Faza Ibnu Ubaidillah atau yang lebih dikenal dengan nama Faza Meonk, termotivasi untuk menciptakan karakter si Juki di tahun 2011. Lewat jalur komik online, karakter yang awalnya ...

Posted By: Alit Bagus Ariyadi, 19 Januari 2017
Faza Meonk
 
Berawal dari kegelisahannya terhadap perkembangan karakter lokal yang dianggap kurang populer di masyarakat, Faza Ibnu Ubaidillah atau yang lebih dikenal dengan nama Faza Meonk, termotivasi untuk menciptakan karakter si Juki di tahun 2011. Lewat jalur komik online, karakter yang awalnya adalah singkatan dari Juru Hoki itu ternyata berhasil mencuri perhatian publik.
 
Dalam waktu setahun, perkembangan Si Juki sangat pesat dalam ruang lingkup sosial media, web, merchandise, dan komiknya. 'Ngampus!!! Buka-Bukaan Aib Mahasiswa' (2011), 'Si Juki dan Petualangan Lulus UN' (2012), serta 'Si Juki Cari Kerja' (2013) adalah karya yang populer dan digemari masyarakat.
 
Melihat banyaknya pembaca Si Juki dan ingin mengembangkannya lebih dari sekedar komik, rumah produksi Falcon Pictures pun menggandeng Faza untuk mengangkat karakter yang anti mainstream itu ke layar lebar. Dengan judul Si Juki The Movie, Faza Meonk yang terlibat sebagai content director di filmnya menegaskan akan mengemas layar lebar animasi 2D itu lebih megah dari komiknya.
 
Kemegahan itu sudah terasa dengan banyaknya aktor/aktris ternama di dalamnya seperti Bunga Citra Lestari, Indro Warkop, Tio Pakusadewo, Butet Kartaredjasa, Pandji Pragiwaksono, Agus Kuncoro, Tarzan, Arie Kriting, Mongol, Mudy Taylor, Babe Cabita, Ki Joko Bodo, Nikita Mirzani, Wizzy, Jaja Miharja, Jeremy Teti, dan Maya Wulan. Seperti apa kisah filmnya? Dan apa alasan Faza menggandeng banyak bintang untuk Si Juki the Movie? Berikut bincang-bincang 21Cineplex.com bersama Faza.
 
 
Selain megah, apa alasan Anda menggandeng banyak bintang di Si Juki The Movie padahal mereka minim untuk proyek film animasi?
"Sebenarnya mereka bukannya nggak berpengalaman, dalam akting semuanya pengalaman banget. Mengisi suara kan akting juga, cuma butuh penyesuaian aja. Mereka adalah aktor-aktor hebat jadi saya percaya pasti bisa."
 
Melibatkan banyak bintang berarti akan ada karakter-karakter baru yang dimunculkan. Alasannya?
"Saya mau munculkan sesuatu yang nggak didapat dalam versi komiknya. Di filmnya nanti masyarakat bisa dapat yang lebih megah dan seru. Saya terinspirasi dari film Doraemon sebenarnya yang juga munculin banyak karakter baru yang nggak ada di komik."
 
Apakah melibatkan studio di luar negeri untuk Si Juki The Movie?
"Tidak, kami percaya dengan bakat-bakat dan ingin maksimalin dulu di indonesia lokal dan hanya melibatkan 1 studio di bawah naungan Falcon Pictures. Kenapa hanya 1 karena kami ingin mencegah sekali potensi-potensi spoiler."
 
Di versi filmnya nanti, Si Juki akan terlibat di bencana meteor yang akan jatuh ke bumi. Kenapa pilih peristiwa itu?
"Saya nggak bisa banyak cerita karena takut spoiler. Di komik kan kisah Si Juki lebih ke sehari-hari banget, jadi kali ini kita nggak mau seperti itu dan ingin buat yang lebih besar. Juki kan cuma mahasiswa biasa, lalu apa hubungannya dengan meteor itu? ya supaya menarik buat penonton aja."
 
Apakah Anda yang menentukan sendiri para bintang yang terlibat untuk mengisi suara di film ini?
"Saat nulis naskah saya nggak mikir siapa yang akan peran karakter-karakternya. Pas mulai casting, baru kita lihat karakter ini cocok ke siapa. Kita bukan nentuin ini bakal siapa tapi lebih fokus ke skrip aja."
 
Karakter baru di Si Juki The Movie nanti apakah cuma sebatas cameo?
"Tiap karakter punya bagian masing-masing kaya Presiden dan lain lain, tapi tentunya Juki porsinya lebih banyak."
 
Si Juki The Movie itu nantinya dibuat untuk film keluarga atau anak-anak?
"Filmnya nanti aman untuk semua umur. Komedinya akan dibuat berlapis seperti Sponge Bob yang punya sisipan joke yang hanya dimengerti orang dewasa aja. Kalau anak-anak kan suka joke yang visual, jadi semuanya itu campur jadi satu."
 
Anda optimis nggak film ini juga bisa dikonsumsi oleh orang yang belum pernah baca versi komiknya?
"Saya memang menargetkan agar orang yang nggak tahu Juki sama sekali bisa jadi kenal lewat komiknya. Saya sih positif aja, kalau film ini berhasil maka dapat meningkatkan derajat animasi Indonesia."
 
Kenapa pengisi suara si karakter utama yaitu Juki tidak diumumkan?
"Masih rahasia. Ada kok nanti. Yang mengisi suara Juki ya Si Juki. Juki itu mau kita bikin karakter yang dirasakan ada. Di medsos, follower Juki bisa bales-balesan komen sama Juki. Jadi suaranya ya Juki, sosok di belakang Juki ya Juki."
 
Kenapa rilisnya lama hingga akhir tahun 2017?
"Lama di animasi dan bikin naskahnya karena kami ingin hasilnya bagus. Sebenarnya nggak lama juga sih, film Kung Fu Panda aja kalau nggak salah butuh 10 tahun. Bikin animasi itu nggak semudah film live. Animasi ini harapannya tinggi jadi harus dipersiapkan sebaik mungkin."
 
Punya rencana sekuel?
"Belum bisa bicara sekuel sih, tapi harapannya film Si Juki The Movie berhasil dulu baru ada sekuelnya."
COMPLETE ARCHIVE
 
Pantau segala informasi film dengan http://m.21cineplex.com dari browser ponsel Anda!
 
 

COMING SOON