Meriahnya Proses Syuting Garuda 19 di Gelora Bung Karno

 

  Dewasa ini, film-film bertema sepakbola mulai bermunculan. Banyak judul, diantaranya, Romeo Juliet (2009) dan Hari Ini Pasti Menang (2013). Kedua film tersebut digarap oleh pengamat sepakbola Andi Bahctiar Yusuf. Kini Yusuf, panggilan sedang kembali menyutradarai film sepakbola terbaru, tim 21cineplex.com ...

01 Juli 2014
Posted By: Evelyn Afnilia
Garuda 19
 
Dewasa ini, film-film bertema sepakbola mulai bermunculan. Banyak judul, diantaranya, Romeo Juliet (2009) dan Hari Ini Pasti Menang (2013). Kedua film tersebut digarap oleh pengamat sepakbola Andi Bahctiar Yusuf. Kini Yusuf, panggilan sedang kembali menyutradarai film sepakbola terbaru, tim 21cineplex.com pun berkeinginan untuk mengikuti proses syutingnya.
 
Film dari Mizan Production itu berjudul Garuda 19. Tepat pada hari Jumat (27/6), film Garuda 19 memasuki hari ke-14 proses syutingnya dan dilaksanakan 1 hari penuh di GBK, Senayan, Jakarta. Hari itu, Yusuf dan tim akan mengambil gambar kedatangan timnas Garuda 19 di lapangan GBK yang disambut meriah oleh para penggemar dan aksi mereka di lapangan melawan Vietnam.
 
Garuda 19
 
Perlu diketahui, Garuda 19 merupakan film sepakbola yang terinspirasi dari kisah nyata prestasi timnas U-19. Seperti diketahui, kemenangan kerap diraih Garuda 19 setelah sukses membekuk Vietnam di Piala AFF U-19 tahun 2013. Kemenangan ini juga tak melupakan jasa dari Indra Sjafri selaku pelatih mereka.
 
Garuda 19
 
Pada hari itu ada adegan dimana para pemarin U-19 sedang di berada dalam bis dan baru saja tiba di GBK. Ramainya penggemar yang berbondong-bondong sudah mengikuti bis mereka sejak memasuki pintu Senayan. Adegan itu mencoba menggambarkan dukungan yang sangat total dari penggemar Garuda 19.
 
Hal ini rupanya bukan untuk kepentingan film Garuda 19. Para penggemar yang hadir sebagai pemain figuran saat itu ternyata sangat mengikuti perkembangan film sepakbola Indonesia. Hal ini diketahui saat Arif, salah seorang penggemar sepakbola memberikan harapannya terhadap film sepakbola Indonesia.
 
"Harus lebih banyak film seperti ini. Saya nonton semua film sepakbola dan semuanya menginspirasi. Saya tadinya nggak begitu suka dengan sepakbola, tetapi lewat film saya jadi sering bermain bola," ungkapnya.
 
Benar memang, saat Yusuf mengaba-aba untuk menyanyikan lagu demi meramaikan suasana, mereka bernyanyi dengan sangat lantang dan antusias. Seskipun hal itu hanyalah sebuah proses syuting, namun semangat dan atmosfernya sangat kental terasa.
 
Tak terasa matahari pun mulai terbenam, set syuting Garuda 19 berpindah ke dalam lapangan GBK. Ya, Yusuf mengambil adegan pertandingan melawan Vietnam pada malam hari, dilengkapi lampu-lampu tembak yang menerangi lapangan saat itu. Para kru film Garuda 19 pun tengah bersiap-siap untuk mengambil adegan di lapangan hijau, tepatnya di dekat pertahanan timnas U-19. 
 
Sementara itu, Yusuf yang sudah beberapa kali menyutradari film bertema sepakbola ini mengaku akan membuat kisah ini lebih real dan lebih remaja.
 
"Yang jelas gue garap film ini karena lebih remaja. Beda sama film gue yang tahun lalu. Nanti diceritakan juga gimana Indra (Sjafri) mencari bakat-bakat hebat sampai ke pelosok Indonesia yang banyak orang belum tau," tukas Yusuf.
 
Mathias Muchus, Ibnu Jamil, Yusuf Mahardika, Gazza Zubizareta, Verdi Solaiman, dan Mandala Shoji adalah sejumlah nama yang akan terlibat di film Garuda 19. Film in dijadwalkan untuk rilis pada bulan September 2014 di Cinema XXI.
 
COMPLETE ARCHIVE
 
Pantau segala informasi film dengan http://m.21cineplex.com dari browser ponsel Anda!
Z
 
 

COMING SOON