Yadi Sugandi, Berharap Merah Putih Melegenda Seperti Bendera Indonesia

 

Setelah puluhan tahun menjadi seorang Director of Photography (DOP), kini untuk pertama kalinya anda menjdi sutradara, apa perbedaan paling mencolok yang anda rasakan? “Kalau DOP lebih fisik kalau sutradara lebih visi. Sutradara capeknya di batin, karena harus mendalami adegan dan ...

24 Juli 2009
Posted By: Erfanintya M. P.

Setelah puluhan tahun menjadi seorang Director of Photography (DOP), kini untuk pertama kalinya anda menjdi sutradara, apa perbedaan paling mencolok yang anda rasakan?
“Kalau DOP lebih fisik kalau sutradara lebih visi. Sutradara capeknya di batin, karena harus mendalami adegan dan scene.”

Proses syutingnya mengambil lokasi dimana saja?
“Syutingnya diJogja, lalu di kaki Gunung Ungaran untuk barak tentara, bekas kebun binatang di Semarang, Sentul dan juga Depok."

Kenapa pindah-pindah lokasi?

"Karena saya ingin menggambarkan kalau perangnya juga pindah tempat, mereka kan ceritanya melakukan perjalanan yang sangat jauh jadi vegetasinya harus berbeda antara gunung dan dataran rendah. ”

Film ini sempat dituding sebagai bermuatan politis karena dibuat bertepatan dengan pemilu presiden, bagaimana tanggapan anda?
“Rasanya tidak, kami hanya mencoba mengangkat rasa nasionalisme, mencoba mengangkat rasa persahabatan dan rasa persaudaraan lewat peran yang dimainkan oleh kawan-kawan kita.”

Pemutaran film perdana di bulan agustus, apakah memang disengaja agar momentumnya agar bertepatan dengan hari kemerdekaan?
“Memang kami memilihnya, ketika kami daftarkan di bioskop, tadinya ditawari jadwal 30 Agustus atau September? Rasanya kalau diputar bulan September tidak tepat, karena kemerdekaan kita adanya di bulan Agustus dan sesuai judulnya Merah Putih.”

Seperti yang anda bilang, beban dan medan syutingnya sangat berat, lalu bagaimana cara anda menjaga mood pemain dan para kru agar tidak drop?
“Untungnya karena mereka tidak pulang dan di camp, jadi kita sudah menyatu seperti keluarga, tapi sebenarnya memang berat, bayangkan setiap hari saya harus menggerakan sekitar 400-an orang.”

Titik fokus perhatian anda di film ini lebih condong ke sisi sinematografi atau malah ke segi visual effek dan teknologinya?
“Kalau sinematografi rasanya tidak juga, karena sudah ada DOP-nya sendiri, mungkin saya lebih fokus ke dramaturgi dan bagaimana agar ceritanya sampai.”

Kenapa harus dibikin dengan konsep trilogi?
“Saya kok lebih setuju menyebutnya pre-sekuel, karena ini sebuah film perjalanan yang panjang. Mulai dari Jawa terus mereka dikejar Belanda, mereka menyebrang dan mengejar musuh sampai ke Bali, endingnya adalah ketika mereka memenangkan peperangan di Bali.”

Jarak antara film pertama dengan sekuelnya?
“Mungkin yang kedua akan tayang tahun depan”

Tidak takut penontonnya akan lupa atau kehilangan mood jika jarak antara film pertama dengan film kedua rentang waktunya cukup lama?
“Harry Potter?”

Bukankah Harry Potter sudah memiliki penggemar fanatiknya sendiri?
“Mudah-mudahan film ini juga punya penggemar sendiri karena rasanya film ini lain, dikerjakan dengan serius dan kita juga akan berusaha merangkul penontonnya. Kalau syuting film kedua dan ketiga sebenarnya sudah selesai, semoga bisa tayang tahun depan.”

Adakah scene dimana anda hampir merasa menyerah?
“Di semua film rasanya ada ya, kita menyebutnya scene keramat. Scene keramatnya kalau disini pas scene pesta rakyat, itu nggak kelar-kelar soalnya hujan terus.”

Skala 1-100, berapa tingkat kepuasan anda terhadap film Merah-Putih?
“Bentuk ketidakpuasan pasti ada lah, kalau saya puas dan berhenti ya selesai saja, karena saya, berada di lapangan, saya tahu sebenarnya ada beberapa scene yang saya nggak puas dan  mungkin tidak bisa dirasakan oleh penonton. Ada scene yang saya akan merasa, wah kenapa sih waktu itu saya harus mengalah, kenapa waktu itu nggak retake?”

Apa proyek film anda selanjutnya?
“Saya mau bikin film di Hongkong bareng Lola Amaria, tentang issue perempuan, tentang TKW, dan saya kembali jadi DOP di film tersebut.”



 

COMPLETE ARCHIVE
 
Pantau segala informasi film dengan http://m.21cineplex.com dari browser ponsel Anda!
Z
 
 

COMING SOON