Cinema 21 Mencari Bakat Baru lewat XXI Short Film Festival

 

  Untuk kali pertama, Cinema 21 menggelar festival film pendek tingkat nasional yang bertajuk XXI Short Film Festival. Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai wadah bagi para generasi muda yang memiliki  minat terhadap film, sekaligus pencarian bakat baru untuk industri perfilman Indonesia. Pendaftaran XXI ...

Posted By: Alit Bagus Ariyadi
xxi short ...
 
Untuk kali pertama, Cinema 21 menggelar festival film pendek tingkat nasional yang bertajuk XXI Short Film Festival. Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai wadah bagi para generasi muda yang memiliki  minat terhadap film, sekaligus pencarian bakat baru untuk industri perfilman Indonesia.

Pendaftaran XXI Short Film Festival sudah mulai dibuka sejak 15 Oktober sampai 10 Desember 2012, dimana pengumuman pemenangnya akan diumumkan di bulan Maret 2013. Festival film pendek tersebut dibagi menjadi 3 kategori yaitu film pendek fiksi naratif, film pendek dokumenter dan film pendek animasi.

xxi short ..."Kami ingin memberi wadah bagi anak muda yang saat ini semakin kreatif, salah satunya adalah lewat kompetisi film pendek. Sampai saat ini, film pendek yang sudah diterima panitia sebanyak 80 buah dan kemungkinan akan bertambah lagi sebelum pendaftaran ditutup pada 10 desember nanti,"
ujar Catherine Keng selaku Corporate Secretary Cinema 21 saat jumpa pers XXI Short Film Festival di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Selasa (13/11) malam.

"Meskipun ini baru pertama kalinya buat kita, namun Cinema 21 berencana akan melakukan kegiatan ini secara rutin setiap tahunnya," tambahnya.

Tidak hanya sekedar menggelar kompetisi, Cinema 21 juga mengadakan beberapa kegiatan untuk mematangkan para pesertanya salah satunya dengan 'sharing session' bersama Indonesia Film Director Club (IFDC) yang diwakili oleh Joko Anwar, Ifa Isfansyah, Salman Aristo, Robby Ertanto dan Lance. IFDC merupakan perkumpulan para sutradara ternama Tanah Air yang dibentuk pada 15 Mei 2012 yang saat ini beranggotakan 36 orang.

IFDC juga menyambut baik dengan ajang XXI Short Film Festival karena dianggap bisa memecahkan salah satu permasalahan yang selalu timbul di industri perfilman Indonesia yaitu mengenai regenerasi dan minat masyarakat untuk datang ke bioskop.

"Kenapa kita berkontribusi di ajang ini karena kita ingin pecahkan masalah film nasional yaitu mengenai bakat baru. Kalau tidak ada regenerasi, maka perfilman Indonesia bisa stop juga. Ini adalah salah satu cara untuk melibatkan masyarakat sehingga mereka juga bisa lebih dekat dengan bioskop," ucap Joko Anwar.

xxi short ...
Bagi Anda yang memiliki minat besar di dunia film dan ingin ikut serta di XXI Short Film Festival, pendaftaran bisa dilakukan melalui website www.21shortfilm.com. Akan ada 7 pemenang yang terdiri dari 3 pilihan juri, 3 pilihan media dan penghargaan khusus pilihan IFDC yaitu Film Pendek Fiksi Naratif Terbaik, Film Pendek Fiksi Dokumenter Terbaik, Film Pendek Animasi Terbaik, Film Pendek Fiksi Naratif Pilihan Media, Film Pendek Dokumenter Pilihan Media, Film Pendek Animasi Pilihan Media serta Film Pendek Pilihan IFDC.

Tiga pemenang utama akan mendapat hadiah uang tunai masing-masing sebesar Rp.10.000.000 (sepuluh juta rupiah) dan sertifikat dari Cinema 21. Tiga pemenang Media Choice Award atau Film Pendek Terbaik Pilihan Media akan mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing sebesar Rp 2.500.000 (dua juta lima ratus ribu rupiah) dan sertifikat dari Cinema 21.

Pemenang akan diumumkan dalam acara Malam Penghargaan pada hari terakhir festival. Seluruh film pemenang akan diputar dalam pemutaran reguler secara khusus di Cinema 21 seusai festival.
, 14 Nov '12
COMPLETE ARCHIVE
 
Pantau segala informasi film dengan http://m.21cineplex.com dari browser ponsel Anda!
 
 

COMING SOON

 
www.vidfor.me