Sinergi Profesi Hanung Bramantyo dan Zaskia Mecca Lewat Film Hijab
Hanung Bramantyo ...
 
Setelah berkiprah di dunia film kurang lebih 15 tahun, Hanung Bramantyo diketahui sudah mendirikan sebuah rumah produksi dengan nama Dapur Film. Tak sendiri, Hanung juga ditemani oleh sang istri, Zaskia Adya Mecca, dan adik iparnya, Haykal Kamil.
 
Sebagai langkah terbarunya, Dapur Film akan meluncurkan layar lebar berjudul Hijab. Menurut Hanung, film ini terinspirasi dari sang istri sendiri. "Memang film Hijab ini terinspirasi dari istri saya, saat ia mencoba mendirikan butik busana muslim dengan 4 orang temannya, yang kebetulan sepupuan. Dan disitulah kisahnya dimulai," ungkap sutradara Ayat-Ayat Cinta (2008) tersebut di acara Syukuran Film Hijab yang bertempat di kantor Dapur Film, Ampera, Jakarta Selatan.
 
Meskipun secara sepintas, pemilihan judul Hijab sendiri cenderung segmented, namun tidak menurut Zaskia. Baginya, ini adalah film tentang mengangkat hijab sebagai fenomena fashion pengganti sanggul, dan semacamnya. Dan justru, film Hijab memiliki banyak sisi humor.
 
"Ini nggak seperti judulnya yang mungkin terkesan religius, tapi lebih ke pengemasan humor. Aku aja baca naskahnya sampai mau ketawa berkali-kali, sampai mas Hanung sering negur, karena memang lucu," timpal ibu dua anak itu.
 
Sangat bermasyarakat dan membumi, seperti yang dikatakan Hanung, film Hijab ini nantinya akan mewakili banyak perasaan penontonnya. Adapun dengan tereksekusinya film Hijab, membuktikan kolaborasi unik antara profesi Hanung dan Zaskia.
 
"Memang Zaskia sudah pernah bilang ingin bikin film tentang fashion, tapi saya belum kepikiran tentang apa. Dan di Hijab lah akhirnya ketemu. Ini bentuk sinergi profesi saya sebagai sutradara, dan Zaskia sebagai pemilik butik busana muslim," tutur Hanung lagi.
 
Lewat Hijab pula, untuk pertama kalinya, baik Hanung, Zaskia, dan Haykal akan menyabet kursi produser. Hanung selaku produser dan sutradara, Zaskia selaku produser, aktris, dan penanggung jawab kostum, sedangkan Haykal sebagai produser dan pemasaran.
 
Pada hari ini, Rabu (17/9), film Hijab akan memulai proses syutingnya di sekitaran Jakarta dan Bogor bersama Carissa Puteri, Natasha Rizki, Tika Bravani, Ananda Omesh, Nino Fernandez, Mike Lucock, dan Dion Wiyoko.
 
Direncanakan, film Hijab akan mulai tayang di bioskop pada 15 Januari 2015 mendatang. 
LAINNYA