Arrival: Ketika Bahasa Menentukan Segalanya

 

  Ahli bahasa bernama Dr. Louise Banks (Amy Adams) dipanggil oleh Kolonel Weber (Forest Whitaker) dari militer AS guna berinteraksi atau melakukan kontak dengan alien yang datang ke bumi. Pesawat mereka melayang di sebuah daerah di Montana. Kapal ruang angkasa berwarna ...

Posted By: Eko Satrio Wibowo, 10 Januari 2017
amy adams
 
Ahli bahasa bernama Dr. Louise Banks (Amy Adams) dipanggil oleh Kolonel Weber (Forest Whitaker) dari militer AS guna berinteraksi atau melakukan kontak dengan alien yang datang ke bumi. Pesawat mereka melayang di sebuah daerah di Montana. Kapal ruang angkasa berwarna hitam dan berbentuk elipse itu juga hadir di 11 tempat lain di berbagai belahan dunia, termasuk Tiongkok dan Rusia. 
 
Dalam melakukan tugasnya, Louise dibantu oleh ahli fisika bernama Dr. Ian Donnelly (Jeremy Renner). Tugas utama dari pemerintah AS cuma satu, yaitu mengetahui maksud dan tujuan alien itu datang ke bumi. Mereka pun berkoordinasi dengan 11 negara lain yang disinggahi, terutama soal informasi apa yang didapat setelah melakukan kontak guna memutuskan langkah berikutnya. 
 
amy and ...
 
Tiongkok dan Rusia menjadi pihak yang tidak sabar dan menganggap alien adalah ancaman. Di sisi lain, Louise membutuhkan waktu untuk memahami bahasa maupun simbol-simbol yang digunakan makhluk luar angkasa itu, sehingga berbagai negara tak salah memahami dan mengambil langkah. Alhasil, ia dan Ian harus berlomba dengan waktu agar bisa meyakinkan General Shang (Tzi Ma) untuk tak menyerang pesawat mereka. 
 
Itulah beberapa penggalan peristiwa inti yang tersaji dalam karya terbaru Denis Villeneuve berjudul Arrival. Bagi pecinta film sci-fi dan alien, arahan Villeneuve ini memiliki cerita yang unik dan berbeda dibandingkan layar lebar sejenis. Sang sutradara melakukan pendekatan yang terbilang baru tentang bagaimana manusia memahami serta bereaksi atas kedatangan makhluk luar angkasa, terutama lewat bahasa. 
 
whitaker
 
Salah satu hal paling menonjol dan menjadi daya tarik adalah Villeneuve memberikan keintiman di dalamnya. Film ini tak menampilkan peperangan manusia melawan alien atau teori-teori matematika maupun fisika yang melelahkan, melainkan menawarkan perspektif lain mengenai pentingnya memahami bahasa yang tak sekedar soal menerjemahkan. Arrival akan mengajak Anda untuk berempati bukan hanya pada manusia, tapi juga alien. 
 
Akting Amy Adams sebagai Dr. Louise Banks juga menjadi daya tarik tersendiri. Ia adalah nyawa dan storyteller terbaik untuk skenario yang ditulis oleh Eric Heisserer. Lewat pembawaannya yang begitu luwes dan emosional serta permainan mimik wajah yang dinamis, ia mampu tampil impresif. Sangat believable, mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkannya. 
 
Jadi, bagi yang mengharapkan adanya peperangan seru manusia versus alien dengan berbagai senjata super canggih, film ini bukan jawabannya. Apa sebenarnya maksud dan tujuan alien tersebut datang ke bumi? Mampukah Louise menerjemahkan dan memahami bahasa mereka? Temukan jawabannya di Arrival yang sedang tayang di seluruh jaringan Cinema XXI. Selamat menonton.  
COMPLETE ARCHIVE
 
Mau gossip terhangat
langsung di HP Kamu?
Ketik: gossip
Kirim ke: 2121
Tarif : 1000/sms
Semua operator
kecuali
Esia, Flexi, Hepi dan Starone
Pantau segala informasi film dengan http://m.21cineplex.com dari browser ponsel Anda!
 
 

COMING SOON