Dunkirk: Upaya Tentara Sekutu Bertahan Hidup dari Serangan Nazi

 

  Karya terbaru sutradara papan atas Hollywood, Christopher Nolan, berjudul Dunkirk akhirnya tiba di tanah air. Dengan mengangkat tema perang, film ini terbilang genre anyar untuk pengarah The Dark Knight (2012) itu. Namun menariknya, Nolan bisa dikatakan sukses meningkatkan standar baru ...

Posted By: Eko Satrio Wibowo, 21 Juli 2017
dunkirk still ...
 
Karya terbaru sutradara papan atas Hollywood, Christopher Nolan, berjudul Dunkirk akhirnya tiba di tanah air. Dengan mengangkat tema perang, film ini terbilang genre anyar untuk pengarah The Dark Knight (2012) itu. Namun menariknya, Nolan bisa dikatakan sukses meningkatkan standar baru untuk war movie dan kapasitasnya sebagai seorang filmmaker
 
Dunkirk diangkat dari peristiwa nyata Perang Dunia II ketika tentara Inggris dan Perancis terkepung oleh pasukan Nazi Jerman di pesisir pantai kota Dunkirk. Anak buah Adolf Hitler itu mengunci semua lini, baik di darat, laut maupun udara. Selama delapan hari, prajurit sekutu harus berjuang untuk bertahan hidup serta berharap bisa terevakuasi.
 
dunkirk still ...
 
Yang sangat menonjol dan menjadi kekuatan dari Dunkirk adalah soal bagaimana Nolan membangun situasi dan kondisi perang yang amat sangat nyata serta detil. Anda dijamin bakal benar-benar merasakan seperti apa atmosfer kala itu. Begitu mencekam serta menegangkan, karena ini bisa dikatakan bukan perang yang seimbang. Jerman jelas lebih unggul dan tentara sekutu hanya menunggu nasib.
 
Detil paling terasa yang disuguhkan sang sutradara adalah plotnya yang dibagi menjadi tiga, yaitu yang terjadi di darat, laut dan udara. Nolan benar-benar menunjukkan kejadian mencekam seperti apa yang dialami oleh tentara sekutu di tiga lini itu. Mulai dari diberondong senjata hingga dibom tanpa bisa melakukan perlawanan berarti lantaran kalah dari sisi jumlah maupun persenjataan.   
 
dunkirk still ...
 
Nolan juga sukses menampilkan nuansa ketakutan dan bahkan trauma yang dialami oleh pasukan sekutu, terutama Inggris. Di titik ini, emosi Anda akan benar-benar campur aduk, karena dijamin bakal bisa berempati dengan apa yang dirasakan oleh para tentara tersebut. Pasalnya, mayoritas sudah pasrah dan hanya berharap bisa pulang dari tempat tersebut. Hanya itu yang ada dibenak mereka. 
 
Kalaupun ada aksi heroik, itu lebih kepada karakter pilot Farrier (Tom Hardy) yang berhasil melumpuhkan beberapa pesawat tempur Jerman, lalu rakyat sipil yang dengan sukarela datang ke Dunkirk untuk membantu evakuasi para prajurit, dan Komandan militer Inggris, Bolton (Kenneth Branagh), yang tetap setia berada di sana untuk mengevakuasi tentara yang masih tersisa, termasuk dari pihak Perancis. 
 
Selain itu, kualitas gambar dan suara disajikan Nolan untuk film ini bisa dikatakan luar biasa. Keduanya mampu mendukung adegan-adegan mencekam serta menegangkan semakin terasa. Oleh karena itu, menyaksikan Dunkirk di layar IMAX dianjurkan untuk mendapatkan pengalaman menonton yang lebih baik. Penasaran dengan kisah selengkapnya? Saksikan Dunkirk mulai hari ini (21/7) hanya di Cinema XXI. Selamat menonton. 
COMPLETE ARCHIVE
 
Mau gossip terhangat
langsung di HP Kamu?
Ketik: gossip
Kirim ke: 2121
Tarif : 1000/sms
Semua operator
kecuali
Esia, Flexi, Hepi dan Starone
Pantau segala informasi film dengan http://m.21cineplex.com dari browser ponsel Anda!
 
 

COMING SOON