Sang Kiai: Hasyim Asy'ari dalam Keimanan dan Kecintaan pada Tanah Air

 

Perang kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari peran salah satu Kiai besar Hadratussyaikh (mahaguru) Hasyim Asy'ari. Pendiri Nahdlatul Ulama (NU), organisasi massa Islam yang terbesar di Indonesia ini adalah salah satu bagian penting dalam perjuangan bangsa ini menuju kemerdekaan.   Sang Kiai ...

Posted By: Evelyn Afnilia, 24 Mei 2013
sang kiai
Perang kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari peran salah satu Kiai besar Hadratussyaikh (mahaguru) Hasyim Asy'ari. Pendiri Nahdlatul Ulama (NU), organisasi massa Islam yang terbesar di Indonesia ini adalah salah satu bagian penting dalam perjuangan bangsa ini menuju kemerdekaan.
 
Sang Kiai dimulai dengan latar pesantren Tebuireng di tahun 1942. Sebagai pemimpin dan guru bagi para santrinya, Hasyim Asy'ari (Ikranagara) selalu mengajarkan hal baik dan mulia. Mulai dari kemandirian sampai menjunjung tinggi nilai Ketuhanan.
 
Jepang yang baru saja menaklukan Belanda di tanah air, akhirnya menguasai Indonesia dan mengaku sebagai saudara tua. Namun hal ini adalah tipu muslihat untuk menguasai tanah air layaknya Belanda. Sampai akhirnya, kekejaman Jepang pun mengusik Tebuireng dan Hasyim Asy'ari.
 
Pengaruh kuat Hasyim Asy'ari membuat Jepang menangkap dan mengasingkan sang Kiai besar itu. K.H. Wahid Hasyim (Agus Kuncoro), putra Sang Kiai, bersama-sama dengan para santri, yang dipimpin oleh Harun berusaha mencari jalan dengan caranya masing-masing untuk membebaskan Sang Kiai dari tahanan Jepang. Cara diplomasi yang dijalankan putra Sang Kiai ternyata sangat berbeda dengan Harun (Adipati Dolken) yang lebih memilih cara emosional dan berapi-api layaknya anak muda.
 
Kecintaan serta tekad yang besar untuk membebaskan Sang Kiai dan keinginan berjuang demi bangsa dan agama membuat Harun bersama sahabatnya Khamid (Royhan Hidayat) menyusul Sang Kiai. Berhasilkah Harun?
 
Sang Kiai, merupakan film kolosal Indonesia yang mengisahkan perjalanan hidup K.H. Hasyim Asy'ari dalam mempertahankan prinsip Ketuhanan, juga bangsanya. Mengangkat tema sejarah yang benar-benar pernah terjadi di Tanah Air tercinta kita ini.
 
Dapat dikatakan, Sang Kiai adalah persembahan memukau dari Rapi Film yang seolah ingin membangkitkan kembali jiwa nasionalisme para penonton dengan menyaksikan perjuangannya kala itu. Tak hanya orang dewasa yang berjuang mati-matian, namun santri-santri yang masih remaja pun sudah rela mati demi menjaga Tanah Air mereka.
 
Sang Kiai dengan durasi penayangan selama 135 menit ini pun menyajikan aksi tembak-tembakan seru layaknya suasana peperangan. Setiap sudut gambar yang tersaji sangat meyakinkan bahwa ini merupakan kisah pada era kemerdekaan.
 
Ditambah lagi, Rako Prijanto selaku sutradara pun mengemas Sang Kiai menjadi tontonan berupa hiburan sekaligus pengetahuan sejarah yang wajib diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia. Hal tersebut jelas tidak membosankan karena keunikan cerita, drama, humor, dan ketegangan yang disajikan sesuai dengan porsinya masing-masing.
 
Ingin tahu bagaimana perjuangan pahlawan, K.H. Hasyim Asy'ari? Saksikan Sang Kiai yang akan rilis pada 30 Mei 2013 di Cinema 21!
COMPLETE ARCHIVE
 
Mau gossip terhangat
langsung di HP Kamu?
Ketik: gossip
Kirim ke: 2121
Tarif : 1000/sms
Semua operator
kecuali
Esia, Flexi, Hepi dan Starone
Pantau segala informasi film dengan http://m.21cineplex.com dari browser ponsel Anda!
 
 

COMING SOON