Sutradara Terbaik FFI 2016, Riri Riza: Saya Persembahkan untuk Ibu

 

Riri Riza berhasil meraih Sutradara Terbaik di acara malam puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2016 di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta Pusat, semalam (6/11). Lewat film Athirah, ia sukses mengungguli para pesaingnya yaitu Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel/The ...

Posted By: Alit Bagus Ariyadi, 07 November 2016
riri riza ...Riri Riza berhasil meraih Sutradara Terbaik di acara malam puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2016 di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta Pusat, semalam (6/11). Lewat film Athirah, ia sukses mengungguli para pesaingnya yaitu Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel/The Mo Brothers (Headshot), Yosep Anggi Noen (Istirahatlah Kata-Kata), Upi (My Stupid Boss), dan Pritagita Arianegara (Salawaku).
 
Sutradara berusia 46 tahun ini mengaku punya kedekatan khusus tentang kisah dari film Athirah. Jalinan kerjasama yang solid dengan seluruh tim produksi juga sangat membantunya untuk menggarap layar lebar itu secara maksimal.
 
"Saya memang menunggu membuat film yang akrab ditelinga saya dan akhirnya terwujud di Athirah karena latar belakang kisahnya ada di Makassar, Sulawesi Selatan, kampung halaman saya. Bersyukur sekali saya bisa didekatkan kembali dengan identitas saya, semoga layar lebar ini bisa dikenang dalam waktu yang panjang. Penghargaan ini saya persembahkan untuk ibu saya yang ajarkan kasih sayang dan itulah Athirah," kata Riri.
 
Athirah yang menjadi debut produksi filmnya di Sulawesi Selatan juga berhasil membawa pulang 5 Piala Citra lainnya di kategori Film Terbaik, Penulis Skenario Adaptasi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Busana Terbaik, dan Pemeran Utama Wanita Terbaik. "Jadi sutradara itu layaknya konduktor dipagelaran musik yang menggabungkan kinerja orang banyak. Tanpa kerjasama itu saya kira ini tidak akan terjadi," tuturnya.
 
Film yang diadaptasi dari novel karya Alberthiene Endah dengan judul yang sama tersebut menggambarkan pergulatan seorang perempuan Bugis bernama Athirah (Cut Mini) yang ingin mempertahankan keutuhan keluarganya saat ada perempuan lain memasuki kehidupan sang suami. Di saat yang sama, anak lelaki tertuanya yang masih remaja, Ucu (Christoffer Nelwan), mengalami kesulitan untuk memahami keadaan dan konflik yang sedang terjadi di tengah keluarganya.  
 
COMPLETE ARCHIVE
 
Mau gossip terhangat
langsung di HP Kamu?
Ketik: gossip
Kirim ke: 2121
Tarif : 1000/sms
Semua operator
kecuali
Esia, Flexi, Hepi dan Starone
Pantau segala informasi film dengan http://m.21cineplex.com dari browser ponsel Anda!
 
 

COMING SOON