BIOGRAPHY

Indah Kalalo

Biodata:

Nama                                       : Indah Mayang Indriyani
Nama Panggung                    : Indah Kalalo
Tempat/ Tanggal Lahir         : Jakarta, 30 Agustus 1980
Tinggi/ Berat Badan              : 171/53
Anak ke/ dari                          : 5 dari 5 bersaudara
Nama Ayah                             : Suyadi Mualim
Nama Ibu                                : Rose Kalalo
Hobi                                        : Menari
 

Filmografi:

Aktris
  1. Belahan Jiwa (2005)
  2. Pesan dari Surga (2006)
  3. Asoy Geboy (2008)
 
 

Diam-diam, Indah Kalalo mempunyai profesi sampingan sebagai seorang stripper. Seriuskah? Ups, jangan khawatir dulu. Ternyata ini hanya peran dalam film semata. Peran penari itu dimainkannya dalam Asoy Geboy yang dirilis oleh rumah produksi MD Pictures beberapa waktu lalu. ”Peran aku memang sebagai ...

INDAH KALALO

 
Indah Kalalo

Diam-diam, Indah Kalalo mempunyai profesi sampingan sebagai seorang stripper. Seriuskah? Ups, jangan khawatir dulu. Ternyata ini hanya peran dalam film semata. Peran penari itu dimainkannya dalam Asoy Geboy yang dirilis oleh rumah produksi MD Pictures beberapa waktu lalu.

”Peran aku memang sebagai penari striptease. Tapi sebenarnya aku tak ingin menjadi seperti itu. Karena terpaksa aja,” demikian gadis yang bernama asli Indah Mayang Indriyani ini usai pemutaran film untuk wartawan menerangkan ikhwal porsi perannya. Sebagai perantau di ibukota, tandasnya, profesi apapun siap dijalaninya termasuk juga yang satu itu.

Indah tentu saja punya alasan untuk bermain dalam film ini. ”Aku senang film komedi dan senang ketawa. Ya, kan bikin hidup lebih gampang,” seloroh cewek berzodiak Virgo ini sembari tersenyum. Diapun mengaku mengoleksi banyak DVD film bergenre komedi macam yang dibintangi oleh Cameron Diaz, Julia Robert, hingga Drew Barrymore sebagai bagian pendukung kesenangannya.

Uniknya, peran sebagai Lolyta itu justru malah tak ada komedi-komedinya. Alias sebuah peran serius. Di sana diceritakan jika Lolyta saling jatuh hati dengan pemuda bernama Didi (diperankan oleh Raffi Ahmad). Nah, porsi kelucuan itu sudah dihabiskan oleh Didi dan anggota gengnya yang lain. Tetap saja itu bukan masalah bagi Indah. ”Aku memang punya cita-cita, kapan ya bisa main film komedi?”

Jauh sebelum terjun di film, Indah lebih dikenal sebagai seorang model. Baik model untuk pemotretan ataupun di atas catwalk. Ironisnya, siapa sangka jika dulunya Indah adalah seorang gadis yang tomboi, style cowok bangetlah. Jadi tak pernah terpikir olehnya menjadi kapstok berjalan macam yang saat ini dia lakoni.”Dulu yang pengen jadi model justru kakak saya,” kenang Indah tentang masa remajanya. Sang kakak yang berguru perkara model kepada desainer Adjie Notonegoro mengobrak-abrik wajahnya dengan tata rias suka-suka.

Memang dasar rezeki. Sejak di bangku kelas menengah, Indah sudah mulai ikut-ikutan menjadi model. Kemudian berlanjut dengan bergabung dalam sebuah agensi anyar yang dikomandani Keke Harun dan Lulu Dewayani. Oh ya, tadinya nama Indah hanya satu kata. ”Karena nama itu pasaran banget, akhirnya saya pakai nama keluarga Mama. Namanya unik dan khas,” demikian Indah meriwayatkan Kalalo sebagai nama belakangnya. Sejak itu resmilah Indah Kalalo sebagai merek dagangnya.

Memang ada faedahnya Indah ikutan agensi. Di sana dia bisa belajar banyak. Tak hanya sekadar berjalan di catwalk yang diajari oleh Lulu Dewayani, tapi juga kebagian banyak proyek. Mulai dari bintang iklan produk hingga menjadi presenter acara di layar kaca macam Impresario-Britama di RCTI hingga Good Morning di Trans TV.

Perlahan-lahan Indah juga mulai merambah ke dunia akting. Sejumlah sinetron macam Lelaki Idaman, Taubat hingga Malin Kundang tercatat pernah dicobanya. Namun, kurang afdol juga rasanya jika tidak mencoba akting di layar lebar.

Belahan Jiwa adalah film pertama yang dimainkan Indah di tahun 2005. Di bawah arahan sutradara Sekar Ayu Asmara, sosok ahli jiwa itu lancar-lancar saja dimainkan. Maklumlah porsinya di sana hanya sekadar peran pendukung. Kala itu, rumah produksi MVP Pictures menggadang-gadang lima bintang yang sedang top-topnya direnceng dalam satu proyek. Hal serupa terulang kembali setahun berikutnya. Masih dengan sutradara yang sama, dalam film Pesan dari Surga Indah kembali kebagian peran pendukung.

Nah, baru di tahun 2008 ini bintang Indah betul-betul indah. Sebuah peran utama berhasil diraihnya dalam Asoy Geboy. Ditambah lagi bermain dalam genre film yang selalu menjadi obsesinya, komedi, tak ayal Indah pun girang bukan kepalang. Begitulah, hambatan yang menghadang saat bermain dalam film ini tak diperdulikan Indah. ”Lokasinya di gunung kapur yang panasnya 40 derajat. Penuh debu, kapur semua,” cerita Indah tentang tempat yang didatanginya.

Namun, seketika semua itu terhapus saat aneka hiburan lain tersaji selama syuting berlangsung. ”Kalau di belakang panggung gila semua,” komentar Indah tentang aktor lawan mainnya, yakni Raffi Ahmad, Rizky Mocil dan Argo Aa’ Jimmy.

Belum lagi, pelawak benaran yang juga ikut dalam proyek ini macam Tarzan Srimulat, Sion Gideon, hingga Aom Koesman. ”Apalagi Sion, kita kan sama-sama Menado,” lanjut Indah dengan nada senang. 

Rupanya Indah baru menemukan keasyikan berakting di layar lebar. Boleh jadi dia masih menyimpan obsesi lain ke depan di dunia film. ”Sebenarnya obsesiku banyak. Ingin bermain di semua genre film, thriller, komedi. Banyak deh,” curhat Indah.

Ah, maksudnya banyak judul lain mungkin. (bat)

COMPLETE ARCHIVE
 
Pantau segala informasi film dengan http://m.21cineplex.com dari browser ponsel Anda!
 
 

COMING SOON