BIOGRAPHY

Raline Shah

Nama Lengkap   :  Raline Shah                     
Nama Panggilan       :  Raline
Tempat Tanggal Lahir  :  Jakarta, 4 Maret 1985
Pendidikan :  Political Science and New Media & Communication dari National University of Singapore 
Anak ke :  1 dari 3 bersaudara  
Nama Ayah :  Rahmat Shah
Nama Ibu :  Roseline Rahmat
Tinggi/Berat :  172 / 49
Hobby :  Traveling dan Memasak
Film Favorit :  The Talented Mr. Ripley (1999)  
Filmografi
1. 5 Cm

Bagi sebagian aktris pendatang baru, semakin banyak tawaran film tentunya akan berdampak positif terhadap kepopulerannya. Namun hal itu ternyata sama sekali tidak berlaku buat aktris cantik Raline Shah, yang mulai mencoba peruntungannya di dunia seni peran lewat debut layar lebarnya ...

RALINE SHAH INGIN TERUS IDEALIS DI DUNIA FILM

 
Raline Shah
Bagi sebagian aktris pendatang baru, semakin banyak tawaran film tentunya akan berdampak positif terhadap kepopulerannya. Namun hal itu ternyata sama sekali tidak berlaku buat aktris cantik Raline Shah, yang mulai mencoba peruntungannya di dunia seni peran lewat debut layar lebarnya berjudul 5 Cm. Finalis Puteri Indonesia tahun 2008 tersebut mengaku, tidak mau sembarangan menerima tawaran film meskipun proyek tersebut bisa 'memuluskan' namanya di dunia entertainment.

Raline baru mau terlibat dalam sebuah jika didalamnya memiliki pesan positif yang bisa diambil oleh penonton dan tentunya menghibur. Tapi tetap bukan jaminan jika kedua unsur tersebut terkandung dalam sebuah film dirinya 100% akan mau menerimanya. Cewek kelahiran 4 Maret 1985 ini juga harus memastikan, dirinya siap atau tidak untuk film yang ditawarkannya tersebut.

Di film 5 Cm, Raline mengaku sempat mengalami kesulitan mengenai logat bahasa Indonesia khas Jakarta karena ia terbiasa menggunakan bahasa Inggris sejak kecil. Hal itu cukup dimaklumi lantaran Raline tumbuh besar di negara Singapura yang biasa menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

"Aku masih mau lihat respon film 5 Cm nanti seperti apa dan baru saya bisa putuskan mau lanjutin karir di film lagi apa nggak. Film bukan untuk cari duit buat aku saat ini, tapi demi kepuasan sendiri," ujar Raline Shah saat ditemui oleh tim Cinema 21 di Senayan City, Jakarta Selatan.

"Setelah film 5 Cm memang sudah ada tawaran lagi ke aku. Tapi aku perlu banyak latihan, sebelum film berikutnya aku ingin benerin kekurangan-kekurangan aku dulu," tambahnya.

Keinginan untuk berakting di depan kamera sebenarnya sudah tumbuh sejak Raline masih kanak-kanak dimana ia aktif di teater dan mulai sering menonton film. Cita-cita tersebut ternyata cukup lama di pendam oleh Raline dan sempat bekerja kantoran untuk beberapa tahun. Percaya diri Raline mulai tumbuh ketika ia berhasil lolos untuk membintangi beberapa iklan dan mulai ikutan casting di rumah produksi film.

Pada akhirnya, rumah produksi Soraya Intercine Films lewat 5 Cm berhasil membuka impian Raline. Disana ia langsung diduetkan dengan bintang film berpengalaman seperti Fedi Nuril, Herjunot Ali, Pevita Pearce, Denny Sumargo, Igor Saykoji, dan Didi Petet. Tidak hanya itu, 5 Cm juga digarap oleh sutradara ternama Rizal Mantovani yang semakin membuat Raline merasa antusias untuk ikut bergabung.

Walau penayangan perdana (12/12) film 5 Cm disambut positif oleh khalayak luas, Raline Shah tidak mau merasa puas dan berusaha terus menjalani idealismenya di dunia seni peran supaya terhindar dari imej 'easy come easy go'. "Main film itu nggak langsung kaya. Yang bertahan itu menurut saya ya yang benar-benar punya karakter, idealis dan tentunya punya bisnis lain selain berakting."

Raline menyadari kalau pasar penonton Indonesia saat ini agak susah ditebak dan berdampak pada produksi film berkualitas. Namun ia yakin, jika mendapat dukungan penonton yang berkualitas maka industri film lokal akan semakin maju.

"Saya berharap penonton punya pilihan yang berkualitas juga dalam menonton film dan menyebarkannya satu sama lain. Dengan demikian, film berkualitas semakin banyak dan produksinya juga akan terus meningkat," pungkasnya. (ALIT)
COMPLETE ARCHIVE
 
Pantau segala informasi film dengan http://m.21cineplex.com dari browser ponsel Anda!
 
 

COMING SOON

 
www.vidfor.me