Kineforum Siap Menggelar Sejarah adalah Sekarang 7

 

Kineforum Dewan Kesenian Jakarta kembali menggelar program tahunan Sejarah adalah Sekarang 7 (Bulan Film Nasional 2013) di Taman Ismail Marzuki mulai 1 Maret-31 Maret 2013. Ini adalah program tahunan yang betujuan untuk lebih mengapresiasi karya-karya film Indonesia.Sejarah adalah Sekarang 7 ...

Posted By: Alit Bagus Ariyadi, 28 Februari 2013
kineforumKineforum Dewan Kesenian Jakarta kembali menggelar program tahunan Sejarah adalah Sekarang 7 (Bulan Film Nasional 2013) di Taman Ismail Marzuki mulai 1 Maret-31 Maret 2013. Ini adalah program tahunan yang betujuan untuk lebih mengapresiasi karya-karya film Indonesia.

Sejarah adalah Sekarang 7 menjadi satu tema yang penting karena lewat acara ini maka para generasi muda bisa belajar, memaknai dan kenal lebih dekat dengan film yang sudah dibuat pada satu masa sebagai sebuah sejarah pada saat ini. Selain itu, mereka juga bisa menghargai sekaligus mengapresiasi film yang sudah dengan susah payah dibuat pada saat ini dan diapresiasi juga di negara lain serta dapat menjadi sejarah di masa datang.

Selain pemutaran film lawas, Kineforum juga konsisten untuk mengajak publik peduli soal materi film Indonesia dan pengarsipannya. Belum lama ini mereka berhasil merestorasi film Lewat Djam Malam (1954) sehingga membuat PT. Interstudio berinisiatif untuk membuat cetakan baru tiga film produksi Njoo Han Siang.

Beberapa program acara juga telah dibuat untuk mengisi pagelaran Sejarah adalah Sekarang 7, antara lain pemutaran film dan diskusi mengenai tokoh Misbach Jusa Biran, Njoo Han Siang, fenomena grup lawak kondang, musisi penata musik film, film biografi grup band, peristiwa 1965, sejarah film dan pembuatan film dengan kamera DSLR.

"Kenapa kita mengangkat karya dari Njoo Han Siang, karena dia adalah pendiri lab film dan produser dari Interstudio. Dia sudah memproduksi 7 film dan 3 diantaranya sudah di restorasi yaitu Chicha (1976), Duo Kribo (1977) dan November 1828 (1978). Sejak Njoo Han Siang mendirikan Interstudio, kita mulai terlepas ketergantungan dari Tokyo, Jepang dalam hal mencetak film. Selain itu, keunikan Njoo adalah dia selalu memproduksi film drama yang berbeda tema," ujar Alexander Matius selaku Direktur program Sejarah adalah Sekarang 7.

Tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, Sejarah adalah Sekarang 7 juga akan menggelar konser musik, bazzar dan penggalangan dana dimana hasilnya nanti akan digunakan untuk membiayai operasional Kineforum dan perawatan alat.

"Untuk konser musik kami belum bisa kasih tahu siapa band yang akan main. Tapi biasanya kita suka kasih kejutan sih," tutup Alexander Mathius.

Bagi yang tertarik untuk menikmati pagelaran Sejarah adalah Sekarang 7, jadwalnya bisa dilihat melalui website kineforum.org.
COMPLETE ARCHIVE
 
Mau gossip terhangat
langsung di HP Kamu?
Ketik: gossip
Kirim ke: 2121
Tarif : 1000/sms
Semua operator
kecuali
Esia, Flexi, Hepi dan Starone
Pantau segala informasi film dengan http://m.21cineplex.com dari browser ponsel Anda!
 
 

COMING SOON