Peran Ganda Cecep Arif Rahman di Film 3 (Alif Lam Mim)
Cecep Arif ...Bagi Anda penggemar film karya Gareth Evans di Indonesia, seperti The Raid 2: Berandal (2014), tentu sudah tidak asing lagi dengan sosok Cecep Arif Rahman. Ahli pencak silat ini memang tengah menarik banyak perhatian setelah penampilan impresifnya di film tersebut. Tahun ini, pria yang akrab disapa Kang Cecep itu akan kembali menghiasi layar lebar Indonesia.
 
Ya, Cecep Arif Rahman akan bermain dalam film berjudul 3 (Alif Lam Mim). Menariknya, di film produksi Multivision Plus ini Cecep tidak hanya berperan sebagai aktor laga, melainkan juga sebagai salah satu penata laga. Namun, ia mengaku pada awalnya dirinya hanya ditawarkan sebagai pemain dan konsultan, bukan penata laga. 
 
"Sebenarnya pertama itu ditawari sebagai pemain dan konsultan. Jadi, saya diharapkan ikut main sebagai tokoh guru silat dari Alif, Lam, dan Mim," ujar Cecep kala wawancara dengan tim 21cineplex.com dalam acara syukuran film 3 (Alif Lam Mim) di MVP Tower kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. 
 
Lalu Cecep melanjutkan, "Setelah saya bertemu dengan Mas Anggy, saya ditawari untuk bantu masalah koreo juga. Saya bilang Insya Allah, karena ini misi kita juga untuk bisa memperlihatkan silat secara benar. Karena promosi lewat film lebih cepat dibanding media yang lain," ungkapnya.
 
Di film yang diarahkan oleh sutradara nyentrik, Anggy Umbara ini, Cecep Arif Rahman akan berperan sebagai guru silat sebuah padepokan di mana di dalamnya terdapat Alif, Lam, dan Mim. Selain mendidik pencak silat, tokoh yang dimainkan Cecep ini juga merupakan guru yang sangat memperhatikan pandangan hidup murid-muridnya sejak kecil.  
 
"Saya bermain sebagai guru silat, namanya Asarot. Ia adalah guru silat dari ketiga anak ini. Waktu kecil mereka memang teman dekat, tapi sering berbeda paham. Saya harus menyatukan misi mereka. Walaupun keinginan mereka berbeda, tapi tetap bisa bekerjasama. Jadi, meskipun nantinya ketika mereka besar nanti ada konflik, tapi mereka tetap bisa bersatu," jelas Cecep.  
 
Sementara itu, dalam perannya sebagai koreografer silat di film ini, Cecep mengaku tidak begitu menemui kesulitan. Menurutnya, dengan para aktor yang hampir semuanya memiliki basic beladiri itu justru mempermudah dirinya dalam membuat koreografi. Yang diperlukan hanyalah penyesuain visi dan pendekatan yang tepat terhadap mereka. 
 
"Disebut sulit, bukan sulit, tapi mungkin perlu pendekatan. Seperti misalkan saya dengan Mas Sunny, backgroundnya kan capoeira, itu kan kita perlu menyamakan dulu visinya. Visi beladiri mereka dengan visi beladiri silat harus disamakan, karena kalo kita merombak bentuk dasar mereka kan sulit. Tapi kalau kita mengadaptasikan bentuk gerakan yang sudah mereka kenal, terus dikenalkan dengan silatnya dan gerakan-gerakan lain, tidak akan terlalu sulit," urai Cecep. 
 
Film 3 (Alif Lam Mim) sendiri baru akan memulai syutingnya pada Februari 2015 mendatang. Selain Cecep Arif Rahman, film ini juga dibintangi oleh Prisia Nasution, Cornelio Sunny, Abimana Aryasatya, Agus Kuncoro, Piet Pagau, Donny Alamsyah, Tanta Ginting, Tika Bravani, Verdi Solaiman, dan Teuku Rifnu.
 
Rencananya film bergenre action ini akan tayang di bioskop mulai Agustus 2015. 
LAINNYA