Mau Jadi Apa?: Dinamika Kehidupan Soleh Solihun di Masa Kuliah

 

  Bagi anak kuliah, pertanyaan soal mau jadi apa setelah lulus tentu sudah tidak asing dan menjadi pergolakan batin sehari-hari. Hal itu juga pernah dialami oleh stand up comedian serta aktor Soleh Solihun saat mengenyam pendidikan di kampus negeri bergengsi, Universitas ...

Posted By: Eko Satrio Wibowo, 06 Desember 2017
mau jadi ...
 
Bagi anak kuliah, pertanyaan soal mau jadi apa setelah lulus tentu sudah tidak asing dan menjadi pergolakan batin sehari-hari. Hal itu juga pernah dialami oleh stand up comedian serta aktor Soleh Solihun saat mengenyam pendidikan di kampus negeri bergengsi, Universitas Padjadjaran pada tahun 1997 silam. Layaknya mahasiswa kebanyakan, ia pun bingung.   
 
Pengalamannya itulah yang coba Soleh visualisasikan dalam karya perdananya sebagai sutradara sekaligus pemeran utama berjudul Mau Jadi Apa?. Lewat film ini ia menceritakan perjuangannya bersama 5 sahabatnya, yakni Lukman (Boris Bokir), Marsyel (Adjisdoaibu), Eko (Awwe), Fey (Anggika Bolsterli) dan Syarif (Ricky Wattimena) kala membuat majalah kampus. 
 
mau jadi ...
 
Lewat majalah yang diberi nama Karung Goni (Kabar, Ungkapan, Gosip dan Opini), Soleh cs berniat memberikan bacaan alternatif ringan untuk mahasiswa, yang selama ini didominasi berita politik majalah Fakjat (Fakta Jatinangor). Meski akhirnya sukses dan banyak disukai, keberadadaan Karung Goni mulai 'digoyang' pasca merilis sebuah artikel yang membuka aib kampus. 
 
Pada debutnya ini, Soleh Solihun terbilang sukses membuktikan kalau dirinya punya potensi sebagai sutradara. Salah satu aspek yang paling terasa adalah storytelling-nya yang mengalir. Dalam arti, ia benar-benar bisa bercerita dengan baik soal apa yang ingin disampaikan lewat film ini. Selain itu, pemahamannya soal dinamika kehidupan anak-anak 90-an juga cukup dalam. 
 
mau jadi ...
 
Itu bisa terlihat dari pemilihan kata-kata dalam dialog maupun jokes-jokes yang ada di Mau Jadi Apa? Anda yang merupakan generasi 90-an, tentu akan sangat relate dengan kisah Soleh. Fashion dan gaya rambut khas zaman itu yang digunakan para pemain juga menjadi daya tarik tersendiri, terutama dalam membangun nuansa 90-an di film ini. 
 
Terlepas dari itu, karena merupakan film komedi, kekuatan Mau Jadi Apa? tentu terletak pada unsur tersebut. Mayoritas dialog humor hingga komedi situasi yang dihadirkan Soleh bisa dikatakan 'pecah' dan dijamin bakal mengocok perut Anda dari awal hingga akhir. Meski begitu, drama serta konflik yang diselipkan sang sutradara juga sukses membuat nuansa film ini lebih dinamis. 
 
Aib kampus apa sebenarnya yang ditulis oleh Soleh? Bagaimana kelanjutan nasib Karung Goni setelahnya? Temukan jawabannya di film Mau Jadi Apa? yang sedang tayang di seluruh jaringan bioskop Cinema XXI. Selamat menonton.  
COMPLETE ARCHIVE
 
Mau gossip terhangat
langsung di HP Kamu?
Ketik: gossip
Kirim ke: 2121
Tarif : 1000/sms
Semua operator
kecuali
Esia, Flexi, Hepi dan Starone
Pantau segala informasi film dengan http://m.21cineplex.com dari browser ponsel Anda!
 
 

COMING SOON