BIOGRAPHY

John Travolta

Nama Lengkap : John Joseph Travolta
Nama Panggung : John Travolta
Tempat/ Tanggal Lahir : New Jersey/ 18 Februari 1954
Pekerjaan : Aktor, Musisi, Produser, Penulis, Penari
Istri : Kelly Preston

Filmografi (dicatat sejak tahun 2000) :

  • Lucky Numbers
  • Battlefield Earth
  • Domestic Disturbance
  • Swordfish
  • Austin Powers in Gold Member
  • Basic
  • Ladder 49
  • A Love Song for Bobby Long
  • The Punishere Cool
  • Lonely Heart
  • Wild Hogs
  • Hairspray
  • Bolt
  • The Taking of Pelham 123

Siapa yang tak kenal dengan John Travolta? Aktor tampan berwajah khas ini memulai karirnya sejak tahun 70-an. Hingga kini, namanya masih berkibar di blantika perfilman internasional. Bungsu dari 6 bersaudara ini lahir pada 18 Februari 1954 di New Jersey. Keterlibatannya di ...

JOHN TRAVOLTA : SEPARUH UMURNYA UNTUK AKTING

 
John Travolta

Siapa yang tak kenal dengan John Travolta? Aktor tampan berwajah khas ini memulai karirnya sejak tahun 70-an. Hingga kini, namanya masih berkibar di blantika perfilman internasional. Bungsu dari 6 bersaudara ini lahir pada 18 Februari 1954 di New Jersey.

Keterlibatannya di dunia hiburan dimulai dengan mendapatkan peran-peran kecil di serial-serial tv. Namanya mulai dilirik produser sejak bermain dalam film horror berjudul Carrie tahun 1976.

Namun namanya benar-benar menjadi bintang saat perannya sebagai Tonny Monero di Saturday Night Fever tahun 1977 yang sangat legendaris. Setelah itu ia berperan dalam film musikal, Grease tahun 1978, sebagai Danny Zuko dipasangkan dengan Olivia Newton JOhn. Dua film ini bisa dikatakan sangat sukses dan mengantarkan John sebagai aktor termuda yang dinominasikan dalam Oscar. Lewat film ini pula lah John resmi menjadi aktor serba bisa, bisa akting, menari dan menyanyi.

Di film musikal Grease, John membawakan sejumlah lagu. Penjualan album ini menembus angka 10 juta copy, angka yang fantastis di era tersebut.

Namun John bukannya tak pernah mengalami masa sulit. Era 80-an, bintangnya meredup. Film-film yang dibintanginya tak lagi menembus box office di masa itu. Seperti American Gigolo, Flashdance atau Fatal Attraction. Satu-satunya yang jadi hit di era 80-an hanyalah Look Who`s Talking dimana John beradu akting dengan Kristie Alley.

Bukan John namanya kalau menyerah. Tahun 1994 ia kembali bersinar lewat film Pulp Viction garapan Quentin Tarantino.Lewat film ini ia kembali menjadi A-list aktor Hollywood dan masuk dalam nominasi di Academy Award. Setelah itu, film-filmnya kembali mencetak box office seperti Get Shorty, Face/Off hingga Wild Hogs.

Tahun 2009 diawali John dan keluarga dengan duka. John kehilangan putra pertamanya, Jett yang berusia 17 tahun buah perkawinannya dengan aktris Kelly Preston saat sedang berlibur ke Bahama. Meninggalnya Jett akibat penyakit kawasaki yang dideritanya sejak tahun 2001 ini membuat John dan keluarga terpukul.

Namun tragedi tersebut tak membuat John berlama-lama bersedih. Aktor yang memiliki lisensi terbang dan mempunyai 5 pesawat pribadi ini kembali membuat gebrakan lewat akting ciamiknya berpasangan dengan Denzel Washington dalam film The Taking of Pelham 123.

Kendati keduanya baru bertemu dalam film action ini, namun duet akting mereka sangat menyatu. Film yang diangkat dari novel berjudul sama ini sudah pernah dibuat tahun 1974 dan diangkat ke serial TV tahun 1998. Di negara asalnya, film ini sudah dirilis tanggal 12 Juni 2009 dan mendapat respon postif. (lit)

COMPLETE ARCHIVE
 
Pantau segala informasi film dengan http://m.21cineplex.com dari browser ponsel Anda!
 
 

COMING SOON