BIOGRAPHY

Rizky Mocil

Biodata
Nama Lengkap : M. Miftahur Rizky
Nama Panggilan : Rizky Mocil
Tempat Tanggal Lahir : Maumere, 1 April 1986
Nama Ayah : Alimuddin Paturusi
Nama Ibu : Siti Nurdiana
Anak ke : 3 dari 6 bersaudara
Iklan :
Flexy
Filmografi
  1. Maaf, Saya Menghamili Istri Anda (2007)
  2. Pocong 3 (2007)
  3. Otomatis Romantis (2008)
  4. XL, Antara Aku Kau dan Mak Erot (2008)
  5. Asoy Geboy (2008)
  6. Mupeng (2008)
  7. Ku Tunggu Jandamu (2008)
  8. Setan Budeg (2009)
  9. Hantu Biang Kerok (2009)
  10. Kuntilanak Kamar Mayat (2009)

Sosok yang satu ini mudah dikenali. Tubuh sangat kurus, namun memiliki bagian lebar mengembang di bagian rambut, membuatnya memiliki ciri khas ketimbang aktor lainnya. Ya, dia adalah M. Miftahur Rizky atau lebih dikenal Rizky Mocil. Tahu dong siapa? Ditemui setelah ia ...

MENITI KARIR BERKAT BANTUAN KAKAK

 
Rizky Mocil

Sosok yang satu ini mudah dikenali. Tubuh sangat kurus, namun memiliki bagian lebar mengembang di bagian rambut, membuatnya memiliki ciri khas ketimbang aktor lainnya. Ya, dia adalah M. Miftahur Rizky atau lebih dikenal Rizky Mocil. Tahu dong siapa?

Ditemui setelah ia menjalanai rutinitasnya sebagai mahasiswa di sebuah kampus bilangan Wijaya Jakarta Selatan, Rizky yang tidak lepas dengan kaca mata besarnya ini menceritakan perjalanan karirnya memasuki dunia hiburan. Terlahir sebagai anak ke-3 dari 6 bersaudara pasangan Alimuddin Paturusi dan Siti Nurdiana, Rizky menapaki karir dari bawah. Namun diungkapkannya, kebaikan orang-orang yang ada di sekitarnyalah yang membuatnya menjadi seperti sekarang ini.
Adalah sang kakak yang membuat Rizky tertarik dengan dunia seni. Keterlibatannya dalam berbagai pementasan teater serta pantomin membuat Rizky ingin memperdalam apa itu ilmu seni. “Setelah banyak main teater dan pantomin, abang gue juga sering ngebintangin iklan gitu, dan gue ngebayangin seru juga kali ya kalo gue bisa berangkat dari seni terus akhirnya nongol di TV atau bioskop dan dapet duit,” khayal Rizky ketika itu.
Tak disangka, ketika ingin mengikuti jejak sang kakak kuliah di IKJ, Rizky dilarang oleh kedua orang tuanya dan justru sang kakak sendiri. Untuk menjadi seperti dia atauuntuk bisa mencari uang di dunia hiburan tidak harus berburu ilmu di IKJ, begitu alasan sang kakak. “Ya udah, karena gue juga mau ngindarin matematika dan fisika, akhirnya gue ngambil Broadcasting,” jelas Rizky.
Meski begitu, keinginan untuk menjadi seperti sang kakak terus ada di benaknya.Maka bergabunglah ia dengan komunitas sang kakak. “Gue sering ke IKJ sama abang gue, nongkrong sama temen-temennya,” ujar Rizky. Rupanya Rizky tak salah mengambil keputusan. Dari lingkungan baru itu, Rizky diajak untuk ikut sebuah produksi teater pada tahun 2006. Pemeran sebagai asisten pendeta pun dimainkan oleh pria kelahiran Maumere 1 April 1986 ini.
Sejak itu akhirnya ia sering diajak ikutan casting. Dan hasilnya rambut keriting dan megarnya Rizky muncul di layar kaca. “Itu iklan salah satu provider, yang kelihatan juga potongan-potongan muka gue doang,” cerita Rizky. Tak lama berselang, masih di tahun 2007, Rizky kembali mementaskan teater untuk kali kedua. Siapa sangka, dari sinilah perjalanan Rizky masuk ke layar lebar dimulai. “Di pementasan kedua ini gue ketemu lagi sama Verdi Solaeman, dan dia ngasih tahu gue kalo Rudi Soedjarwo mau casting dan nyuruh gue ikut,” cerita Rizky.
Akhirnya, Rizky memutuskan untuk datang diantar temannya naik motor pulang kuliah. Galibnya sebuah proses casting, Rizky mulai membaca naskah. “Pas baca, ngga tau kenapa gue yakin banget aja, karena gue ngerasa deket sama karakternya,” ujar Rizky. Dan benar saja, selang dua sampai tiga hari kemudian, tatkala Rizky asik berburu barang di Poncol, Senen Jakarta Pusat, ia ditelpon pihak Rudi. Mereka bilang Rizky kebagian peran dalam film Maaf, Saya Menghamili Istri Anda. “Wuih itu gue seneng banget, karena di situ juga ada Ringgo yang udah gue liat kocaknya dari pas Jomblo. Jujur sih gue ngidolain dia,” jelas Rizky. Aktingnya di film garapan Monty Tiwa itu pun membuat rumah produksi Sinemart terpikat. Hasilnya, setelah bermain dalam Maaf, Saya Menghamili Istri Anda, Rizky mendapatkan peran untuk bermain dalam sinetron Eneng, dan Kaos Kaki Ajaib. “Ya dari situ lumayan dikenal lah,” kenang Rizky.
Perkenalannya dengan Monty juga membawanya bergabung dengan komunitas Moviesta pimpinan Monty Tiwa. “Gue sempet gabung sama mereka (Komunitas Moviesta), jadi setiap ada produksi dan karakternya kebetulan cocok, gue pasti dicalling untuk casting,” cerita Rizky. Hasilnya, Rizky bermain dalam film Otomatis Romantis yang diproduseri oleh Monty Tiwa. “Ngga terlalu susah sih, karena gue dikasih kebebasan untuk improvisasi sama mas Goentoer (sutradara Otomatis Romantis,red),” kisah Rizky.
Setahun kemudian tepatnya di tahun 2008, Rizky kembali di layar lebar. Lagi-lagi bersama Monty, kali ini sebuah peran berbeda dimainkannya dalam film XL, Antara Aku Kau dan Mak Erot. Dia menjadi pelanggan setia dari rumah prostitusi. “Gue sempat nyari referensi tentang pelanggan setia rumah prostitusi itu kaya gimana. Kalo ditanya gue observasinya kemana? Ya, palingan gue ke temen gue aja…,” jawab Rizky tertawa lepas.
Tahun 2008 bisa dibilang sebagai tahun yang laris baginya. Menyeberang ke rumah produksi MD Pictures, Rizky bermain dalam film Asoy Geboy. Dalam film ini, Rizky pun mendapatkan peran yang agak-agak panas, dia mendapatkan adegan ranjang dengan Uli Auliani. “Wah itu keluarga besar gue nonton semua pas premiere, dan pas mau adegan itu gue sms minta maaf ke ke bokap dan bilang kalo itu cuma akting, tapi ngga dibales sampe selesai nonton. Eh pas selesai cuma satu kata yang keluar dari mulut bokap gue, yaitu kacau!,” cerita Rizky. “Gue jadi nggak berani pulang ke rumah, akhirnya gue pulang ke kosan gue,” kenang Rizky.
Untungnya semua itu berlalu tanpa ada protes berlebihan. Alhasil, karir Rizky pun terus berlanjut hingga kini. Totalitas dalam berperan, serta selalu memberikan pembaruan atas dirinya menjadi komitmen yang selalu dijunjung. Kini dua film yang menampilkan dirinya bertengger di layar bioskop hingga saat ini, yaitu Kutunggu Jandamu serta Mupeng.
“Yang jelas gue pengen ngasih yang terbaru dari gue. Entah itu ganti kaca mata atau apapun. Dan biasanya, itu gue konsultasiin sama abang gue yang sekarang juga banyak bantuin gue untuk masalah kontrak,” cerita Rizky. Tapi pernahkah memikirkan untuk memotong rambut? “Pernah sih waktu itu dipotong, waktu casting film Gie, tapi sayangnya gue nggak dapet, yah nasib,” cerita Rizky. (ajo)
COMPLETE ARCHIVE
 
Pantau segala informasi film dengan http://m.21cineplex.com dari browser ponsel Anda!
 
 

COMING SOON